by

Hal Yang Perlu Anda Ketahui Saat Bayi Tumbuh Gigi

Tahukah kalian bahwa gigi bayi sebenarnya sudah tumbuh sejak dalam kandungan? Hanya saja giginya belum muncul. Oleh karena itu, kebutuhan kalsium pada ibu hamil meningkat guna menunjang pertumbuhan gigi dan tulang bayi dalam kandungan. Nah, gigi mengandung banyak sekali unsur kalsium, hampir seluruhnya. Kemudian itu, saat bayi sudah memasuki usia beberapa bulan setelah lahir, gigi bayi akan muncul. Untuk mengetahui pertumbuhan gigi pada bayi sampai anak, simak penjelasan bayi tumbuh gigi berikut ini.

Jenis-jenis gigi

Sebelum mengetahui tahapan  pertumbuhan gigi bayi, ada baiknya kalian mengenali jenis-jenis gigi.

  • Gigi seri, ialah gigi depan pada rahang atas dan bawah. Biasanya gigi seri atas dan bawah muncul dalam waktu yang bersamaan. Gigi ini berfungsi untuk menggigit makanan.
  • Gigi taring, ialah gigi yang ujungnya lancip dan berada mengapit gigi seri di rahang atas dan bawah. Gigi taring berfungsi untuk memotong makanan.
  • Gigi geraham depan, ialah berfungsi untuk menghancurkan makanan.
  • Gigi geraham belakang, ialah gigi ini juga berfungsi untuk menghancurkan makanan dan memiliki ukuran yang lebih besar daripada gigi geraham depan.

Ketika gigi bayi kalian  mau tumbuh, ia akan merasa sedikit tidak nyaman. Sayangnya, bayi kalian belum bisa berkomunikasi dan memberi tahu  bunda keluhan apa yang dirasakan. Apalagi biasanya setiap bayi akan menunjukkan tanda-tanda yang berbeda pada usia yang berbeda-beda juga. Akibatnya, buah hati kalian akan jadi rewel tanpa sebab yang jelas. Untuk itu, kalian perlu memerhatikan dan memahami apa saja tanda gigi bayi mau tumbuh.

Gigi bayi biasanya muncul pada usia yang bervariasi antar bayi. Biasanya ada bayi yang giginya sudah muncul pada usia dini dan ada juga bayi yang mengalami pertumbuhan gigi lebih telat. Meskipun berbeda-beda, pertumbuhan gigi bayi pada umumnya berlangsung pada usia yang hampir sama.

Bayi tumbuh gigi

Usia berapakah gigi bayi mulai tumbuh?


Berikut ini tahap-tahap pertumbuhan gigi saat bayi.


· Usia 5 bulan
Sebagian besar bayi mulai tumbuh gigi pada saat usia ini. Namun, beberapa bayi mulai tumbuh gigi pada usia lebih dini, yaitu misalnya 4 bulan, atau beberapa bisa juga memiliki pertumbuhan gigi yang lebih lambat, yaitu pada usia 6 atau 7 bulan. Pada saat inilah, gigi bayi baru mulai muncul, gusi bayi kalian mungkin akan membengkak dan kemerahan.


· Usia 6 bulan
Pada usia 6 bulan atau sekitar 5-7 bulan ini, gigi pertama bayi sudah tampak mulai muncul. Biasanya gigi pertama muncul ada dua gigi seri depan pada rahang bawah. Kedua gigi ini dapat muncul bersama-sama. Pada saat gigi bayi sudah mulai muncul, kalian sudah bisa membersihkan gigi bayi dengan cara menyekanya dengan kain yang bersih setelah bayi menyusu.


· Usia 7 bulan
Selanjutnya, usia 7 bulan, dua gigi seri depan pada rahang atas muncul. Sebagian besar bayi mungkin akan mengalami pertumbuhan gigi ini sekitar usia 6-8 bulan. Pada usia ini, juga bayi sudah mulai bisa diberi makan makanan padat.


· Usia 9-16 bulan
Gigi selanjutnya yang akan muncul yaitu gigi di sebelah gigi seri depan bagian atas, kemudian gigi di samping gigi seri bawah akan menyusul. Biasanya gigi muncul berpasang-pasangan atas dan bawah, dua di sebelah kanan dan juga dua di sebelah kiri.

Apa saja tanda-tanda gigi bayi mau tumbuh?


Kalau kalian tidak bisa melihat munculnya gigi mungil pada gusi bayi, perhatikan beberapa tanda lain yang mengindikasikan pertumbuhan gigi bayi. Perlu diingat bahwa pada setiap bayi tanda-tanda yang ditunjukkan bisa berbeda-beda. Bahkan beberapa kasus pada bayi tidak akan menunjukkan tanda-tanda apapun saat giginya mau tumbuh. Ini juga masih termasuk normal. Berikut ini adalah apa saja 10 tanda gigi bayi mau tumbuh yaitu mengeces, batuk atau muntah, menangis, suka menggigit, gusi membengkak, sering bangun dimalam hari, susah makan, menarik-narik telinga atau menggaruk pipi, demam dan yang terakhir memasukkan tangan ke dalam mulut.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *